Buka jam 08.00 s/d jam 16.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Serba – Serbi Kain Songket

Serba – Serbi Kain Songket

Diposting pada 13 December 2014 oleh Grosir Sarung Murah

Sejarah Kain Songket

Kain songket adalah kain tradisional yang asal mulanya berasal dari daerah Melayu, Palembang dan Minangkabau. Sedangkan di luar negeri songket menurut sebagian pendapat berasal dari Malaysia dan Brunei. Songket yang asli dibuat dengan tenunan tangan menggunakan benang emas atau perak sehingga menimbulkan kilauan cahaya cemerlang ketika dipakai.

Kata Songket berasal dari kata “sungkit” yang dalam bahasa Indonesia artinya “mengkaitkan” atau “mencongkel”. Kenapa diberikan istilah seperti itu, karena memang proses pembuatan kain songket tradisional adalah mencongkel dan mengaitkan benang dasar dengan benang metalik berwarna emas atau perak.

jual sarung kain songket

Grosir Kain Songket

 

Pembuatan dan Penggunaan Kain Songket

Kain songket awalnya hanya di pakai oleh kalangan bangsawan melayu atau hanya kalangan – kalangan tertentu saja. Oleh karena itu kain tersebut pada awalnya dianggap sebagai kain yang mewah dan elegan. Proses pembuatannya pun memerlukan sampai tiga bulan untuk menghasilkan kain songket yang berkualitas tinggi. Karena harga dan kualitas kain ini dianggap mewah, kain ini juga banyak dipergunakan sebagai bawaan seserahan pengantin laki – laki kepada pengantin perempuan dalam acara pernikahan. Atau untuk kalangan tertentu kain ini banyak di pakai pada acara hajatan atau kenduri di daerah Palembang dan Minangkabau.

Seiring berjalannya waktu, kain songket kini banyak diproduksi di daerah – daerah pulau sumatera. Mereka membuat kain ini mulai dari kualitas yang biasa sampai kualitas yang super. Proses pengerjaannya pun pada umumnya di bagi menjadi 2 kriteria : secara tradisional yaitu dengan di tenun menggunakan tanggan dan ada yang lebih modern yaitu dengan menggunakan mesin. Tentu saja yang dikerjakan dengan tangan kualitas dan harganya pun lebih tinggi di bandingkan dengan proses pembuatan dengan menggunakan mesin.

Dari segi pemakainya pun kini kain songket tidak hanya di pakai oleh kalangan tertentu saja. Kini kain ini juga banyak dipakai oleh kalangan luas dalam acara – acara resmi. Untuk kaum laki – laki songket biasanya di pakai sebagai Tanjak yaitu kain hiasan penutup kepala pakaian khas Palembang, kain yang dililitkan di atas celana panjang. Sedangkan untuk kaum wanita songket sering dipadukan dengan kebaya sebagai selendang juga bias dipakai sebagai penutup kepala ( Tanjak ).

Meskipun kini banyak tempat yang memproduksi kain songket di Indonesia, namun demikian sebagian orang tetap berpendapat bahwa kain songket terbaik berasal dari Palembang. Sejarah asal mulanya kain songket dikaitkan dengan masa kejayaan kerajaan Sriwijaya. Pembuatan kain ini mulanya di percaya memang menggunakan emas asli yang dilekatkan pada benangnya. Tidak heran hanya para raja dan bangsawan yang mengenakan kain mewah ini yang menunjukkan derajat dan martabat seseorang.

Kini kain songket mulai berkembang mulai dari motif dan daerah pembuatannya. Namun demikian kita patut merasa bangga karena kain ini merupakan kerajinan dan kekayaan khas Indonesia yang harus kita pelihara dan lestarikan.

 

 

Bagikan informasi tentang Serba – Serbi Kain Songket kepada teman atau kerabat Anda.

Serba – Serbi Kain Songket | Grosir Sarung Murah Bandung

Komentar dinonaktifkan: Serba – Serbi Kain Songket

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan